Rabu, 18 Februari 2015

Dampak Negatif Merokok Bagi Kesehatan

Mata Sembab

Tahukah Anda istilah ‘mata panda’? Yaitu, mata yang dikelilingi oleh lingkaran hitam dan terdapat kantung di bawah kelopak mata. Orang menganggap masalah kesehatan ini terjadi akibat begadang, padahal tidak selalu. Merokok juga termasuk pemicu mata menjadi sembab dan terlihat seperti orang ngantuk.

Gigi Kuning dan Berkarang

Seorang perokok tidak jarang yang mendapati gigi kuning. Hal tersebut jelas terjadi karena di dalam rokok terdapat nikotin yang apabila dikonsumsi terus menerus dapat menutupi enamel gigi sehingga menjadikan gigi berwarna kuning dan mengumpulkan karang yang sulit dihilangkan.

Kulit Kering

Meskipun Anda rajin merawat kelembaban kulit tetapi aktivitas merokok terus dijalani, sama saja tidak ada dampak positifnya. Asap beracun yang Anda hembuskan dari rokok akan mengurangi kelembaban kulit secara terus menerus hingga Anda berhenti merokok.


Menurunkan Jumlah Sperma

Merokok akan mengurangi tingkat kesuburan dirinya sendiri. Apabila jumlah sperma sedikit, tentu peluang untuk mempunyai buah hati semakin tipis. Selain itu merokok juga akan merusak kualitas sperma.

Menopause Dini

Wanita perokok akan lebih berisiko mengalami menopause dini akibat kehilangan sel telur yang diakibatkan oleh zat beracun dalam rokok. Apabila jumlah sel telur berkurang maka tidak akan bisa direproduksi ataupun digantikan, otomatis mengecilkan kemungkinan wanita akan hamil.

Dampak negatif merokok bagi kesehatan yang terakhir adalah merusak keseimbangan hormon yang juga diakibatkan oleh zat kimia dalam rokok yang menyelinap ketika proses sirkulasi darah. Bila hormon sudah terpengaruh tentu membuat sistem reproduksi tubuh akan terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar